SMP PANGUDI LUHUR JAKARTA
SMP Pangudi Luhur Jakarta - Jl. H. Nawi No. 21 Cilandak Jakarta Selatan 12420 - Indonesia  Telp.(021)7503379 Fax.(021)75910279
Sabtu, 20 Juli 2019  - 1 User Online  
BERANDABUKU TAMUHUBUNGI KAMIPPDB ONLINE 


07.09.2015 16:34:44 1298x dibaca.
ARTIKEL
"RANGKAIAN KEGIATAN 50 TAHUN SMP PL"

                               

      Tahun 2015 menjadi tahun istimewa bagi SMP Pangudi Luhur Jakarta. Tepat pada tanggal 19 Agustus 2015, SMP PL Jakarta berusia 50 tahun. Sebagai ungkapan syukur atas usia yang ke–50, SMP PL memberikan persembahan khusus bagi masyarakat sekitar. Rangkaian acara tersebut meliputi professional development, sunatan masal, pembagian sembako, pengobatan gratis, temu alumni, PL Cup XVII, hiburan rakyat, dan sebagai puncaknya adalah misa syukur oleh Uskup Agung Jakarta, Mgr. Ignatius Suharyo. Tidak ketinggalan pula pentas seni dan teater oleh siswa siswi.

      Bekerjasama dengan Universitas Bina Nusantara, SMP PL mengadakan professional development sebagai wujud peningkatan kualitas pelayanan bagi masyarakat. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan pedagogi pendidik melalui penggunaan informasi teknologi dalam pembelajaran.

     Sunatan bagi anak keluarga kurang mampu diadakan di dua tempat berbeda. Pada hari Minggu (7/6/15) sunatan dilaksanakan di Kecamatan Pagedangan Serpong bekerjasama dengan Gereja St. Monica, Puskesmas dan Kelurahan Pagedangan. Satu kegiatan lagi diadakan pada hari Sabtu (19/6/15) di SMA PL Kampung Sawah yang bekerjasama dengan Wanita Katolik dan PSE Gereja Servatius Kampung Sawah. Secara keseluruhan, ada 64 anak yang mengikuti kegiatan ini, semuanya berjalan dengan lancar.  

     Pembagian sembako dan pengobatan gratis dilaksanakan pada tanggal 13 Juni 2015 di SD PL. Kegiatan ini terlaksana atas kerjasama SMP PL, SD PL, dan  Lingkungan Nicolas Paroki Blok B. Sebanyak 260 paket sembako telah dibagikan kepada keluarga kurang mampu di sekitar SMP PL.

      Reuni akbar merupakan salah satu kegiatan yang memeriahkan 50 tahun hari jadi SMP PL. Secara khusus, para alumni SMP PL diundang dalam acara reuni yang diadakan pada tanggal 1 Agustus 2015. Dalam  acara ini, sekitar 1850 an alumni datang dengan kostum yang berbeda di setiap angkatannya. Gubernur BI, Bpk. Agus D.W. Martowardojo dan Menteri Keuangan, Bpk. Bambang Brojonegoro hadir sebagai alumni dengan kostum angkatannya. Sebagai tindak lanjut kegiatan reuni, dalam acara tersebut dibentuk suatu wadah bagi para alumni dalam suatu ikatan alumni SMP PL Jakarta dengan koordinator Bpk. Wisnubroto Sugiharso dari angkatan 1982.

      Kegiatan  PL Cup yang biasanya dilaksakan di bulan November, untuk kali ini dilaksanakan di bulan Agustus sehingga menjadi satu rangkaian dengan 50 tahun. Akademis, seni, dan olahraga diperlombakan di sini. Cabang akademis meliputi kompetisi IPA, Matematika, Komputer, Spellingbee, dan Story telling. Di cabang seni ada lomba fotografi, dance, dan lomba baru, yaitu menyanyi dan menggambar tingkat SD. Cabang olah raga meliputi lomba mini soccer, futsal, basket, dan cheersleader. Seluruh peserta PL Cup adalah siswa-siswi setingkat SD dan SMP dari sekolah swasta serta negeri di wilayah Jakarta Selatan dan sekitarnya. Bersamaan dengan penutupan PL CUP XVII, SMP PL juga mengadakan acara hiburan rakyat betawi diawali ‘ngaduk dodol’, malam harinya ditutup dengan pasar rakyat dengan aneka jajanan khas Betawi dan pertunjukan lenong dengan bintang tamu Fahmi ‘Ucup’.

      Sebagai puncak rangkaian persembahan 50 tahun SMP PL,  pada tanggal 18 Agustus 2015 diadakan misa syukur yang dipimpin oleh Mgr. Ignatius Suharyo, Uskup Agung Jakarta dan Rm. Ari, Pr. (Alumni  SMP PL). Misa dikemas dalam nuansa betawi, dihadiri oleh para guru purna tugas, guru dan karyawan yang pernah berkarya di SMP PL, siswa-siswi, guru serta karyawan SMP PL Jakarta. 

      Gubernur BI yang juga alumni SMP PL Jakarta, Bpk. Agus D.W. Martowardojo memberi kuliah umum kepada siswa SMP PL sebagai wujud “Bakti Indonesia Mengajar”, pada tanggal 26 Agustus 2015. Sehari sebelum Gubernur BI ini datang, di SMP PL telah dilaksanakan lomba cerdas cermat, madding, dan lomba yel-yel antar kelas. Para pemenang lomba memperoleh hadiah-hadiah yang menarik dari Bank Indonesia. Acara ini diliput oleh beberapa wartawan dari beberapa media, tidak ketinggalan juga wartawan cilik Kertas PL.    Selain rangkaian acara di atas, seminar pendidikan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Bpk. Anies Baswedan akan diselenggarakan bersama SMA PL Brawijaya. 

“SEMAKIN SUKSES SMP PL JAKARTA”

 








^:^ : IP 54.198.246.164 : 2 ms   
SMP PANGUDI LUHUR JAKARTA
 © 2019  http://smppl-jkt.pangudiluhur.org/